Laman

Selasa, 19 Oktober 2010

"ICE CREAM DAN MANFAATNYA"



Ice cream, dari namanya saja terbayang sejuta kelezatannya. Setiap anak pasti suka nikmatnya ice cream. Bahkan anak-anak merengek dengan sekuat tenaga saat ingin dibelikan ice cream. Namun banyak juga orang tua yang melarang anaknya makan ice cream hanya karena sedang flu atau takut anaknya terlalu gemuk.
Anda berpikir ice cream membuat flu Anda semakin parah? Atau Anda menghindari ice cream karena takut gemuk? Wah, kalau begitu Anda rugi sekali. Baca artikel ini sampai habis, karena ice cream sangat baik untuk kesehatan Anda
Asal Ice Cream
Ice cream dikenal sejak zaman Romawi, yaitu pada 400 tahun Sebelum Masehi. Produksi ice cream secara komersial mulai dilakukan pada abad ke-18, menyusul ditemukannya mesin freezer pada tahun 1846. Pabrik ice cream pertama dibangun di Baltimore, Amerika Serikat, pada tahun 1851.
Ice cream dapat dikatakan sebagai jenis hidangan paling populer di dunia. Pada tahun 2003, produksi ice cream dunia mencapai lebih dari satu miliar liter dan dikonsumsi oleh miliaran konsumen per tahun.
Menurut Standar Nasional Indonesia, ice cream adalah sejenis makanan semi padat yang dibuat dengan cara pembekuan tepung ice cream atau campuran susu, lemak hewani maupun nabati, gula, dan dengan atau tanpa bahan makanan lain yang diizinkan. Di pasaran, ice cream digolongkan atas kategori economy, good average dan deluxe.
Perbedaan utama dari ketiga jenis ice cream tersebut terletak pada kandungan lemak susunya. Saat ini di pasaran juga dikenal ice cream rendah lemak, yaitu ice cream yang direduksi kandungan lemaknya per takaran saji. Reduksi yang dilakukan umumnya sebesar 25 hingga 50% dari jumlah normal. Jadi, kandungan lemak dalam ice cream rendah lemak hanya sekitar 2-6%.
Dr. Rifan Fauzie, SpA, seorang dokter spesialis anak, menerangkan salah satu unsur dari komponen nutrisi adalah kalsium. Kalsium memiliki banyak fungsi vital di dalam tubuh. Manfaat kalsium adalah berperan dalam proses pertumbuhan tulang dan gigi, proses koagulasi/pembekuan darah, fungsi kerja otot-otot termasuk otot jantung, metabolisme tingkat sel, sistem pernafasan, dan sebagainya. Begitu pentingnya kalsium bagi proses di dalam tubuh, maka pemenuhan kebutuhan akan kalsium adalah amat penting.

Sebanyak 99% kandungan kalsium di dalam tubuh berada di tulang, maka proses pertumbuhan tulang amat sensitif terhadap kandungan kalsium di dalam tubuh secara keseluruhan, sayangnya di dalam diet makanan anak Indonesia secara umum masih mengandung rendah kalsium. Perlu diupayakan peningkatan asupan kalsium melalui sumber/jenis makanan yang lain, di antaranya dalam bentuk makanan ringan yang menarik secara umum gizi tinggi. Diantaranya dapat didapatkan dari es krim yang mengandung kadar kalsium yang optimal.
Sumber lain kalsium dapat berasal dari sumber nabati seperti :
Sayuran daun hijau (brokoli, bayam, sawi, daun pepaya, daun singkong, daun labu), biji-bijian (kenari, wijen, almond), dan kacang-kacangan (dan olahannya) seperti kedelai, kacang merah dan kacang polo. Sumber kalsium yang berasal dari hewan diantaranya adalah daging (ikan, sapi, kambing, udang), telur, susu dan produk-produk dari susu : yogurt, keju, es krim dan sebagainya.
Kebutuhan kalsium bagi anak-anak Indonesia adalah bervariasi sesuai dengan usianya. Semakin bertambah usianya maka kebutuhan akan kalsium semakin meningkat.

Jika pemenuhan asupan terganggu, maka akan muncul gejala-gejala yang timbul akibat kekurangan kalsium, diantaranya adalah akan timbul gejala lesu, lemah, berkeringat, kram otot, nyeri perut, gangguan tidur, kejang pembentukan tulang tidak optimal, tulang keropos (osteoporosis), proses pembekuan darah terganggu dan lain-lain. Gejala yang timbul tersebut bila berlangsung terus menerus/kronis maka akan mempengaruhi proses tumbuh kembang anak menjadi tidak optimal.
Mengingat betapa vitalnya peran kalsium dalam proses pembentukan anak, maka seyogyanya kita memenuhi kebutuhan asupan yang mengandung kalsium sesuai kebutuhan tiap anak di dalam dietnya sehari-hari. Selain dari diet utamanya yaitu dengan kriteria 4 sehat 5 sempurna, asupan tambahan lain yang berasal dari makanan ringan/pendamping dapat diberikan. Makanan pendamping/ ringan yang diberikan seharusnya yang sehat dan mengandung zat gizi yang bermanfaat, diantaranya yang mengandung vitamin, mineral seperti kalsium yang cukup, dan sebagainya. Dengan pemenuhan akan asupan nutrisi yang optimal, diharapkan proses pertumbuhan dan perkembangan anak menjadi optimal, dan berkualitas, yang akan menjadikan mereka sebagai generasi penerus yang dapat mengharumkan nama bangsanya.
Kebutuhan kalsium bagi anak-anak Indonesia adalah bervariasi sesuai dengan usianya. Semakin bertambah usianya maka kebutuhan akan kalsium semakin meningkat. Berdasarkan data angka kecukupan gizi (AKG) rata-rata bagi bangsa Indonesia setiap harinya, kebutuhan kalsium pada anak Indonesia dapat dilihat pada tabel di bawah ini:

KEBUTUHAN KALSIUM PADA ANAK
No. KELOMPOK UMUR KEBUTUHAN KALSIUM (mg)

Anak :
1. 0  –  6 bulan 200
2. 7  – 11 bulan 400
3. 1  –  3 tahun 500
4. 4  –  6 tahun 500
5. 7  –  9 tahun 600

PRIA :
6. 10 – 12 tahun 1000
7. 13 – 15 tahun 1000
8. 16 – 18 tahun 1000

Wanita :
9. 10 – 12 tahun 1000
10. 13 – 15 tahun 1000
11. 16 – 18 tahun 1000
Sumber : tabel AKG, KepMenKes no. 1593 / MENKES / SK / XI / 2005

PERAN PROBIOTOK TERHADAP PERTUMBUHAN ANAK
Definisi Probiotik adalah Mikroba non patogenik (yang tidak berbahaya), biasanya yang menghasilkan asam laktat, yang berupa untuk meningkatkan dan menormalkan keseimbangan flora normal usus. Probiotik terdapat pada makanan suplemen seperti yogurt atau ditambahkan kedalam susu, es krim dan sebagainya.

Beberapa contoh dari probiotik yang paling sering di gunakan sebagai terapi pendamping/alternative adalah lactobacillus GG, Bifidobacterium, dan Saccharomyces sp. Bifidobacterium lactis Bb12 dikatakan terbukti memiliki daya melekat tertinggi terhadap selaput lendir manusia dibandingkan dengan jenis bifidobakteria lainnya. Daya lekat yang tinggi itu akan menghasilkan kolonisasi bakteri yang tinggi sehingga membuat efektifitasnya juga meningkat. Berbagai penelitian banyak dilakukan untuk membuktikan dampak/manfaat probiotik terhadap berbagai penyakit seperti diare, intoleransi laktosa, penyakit alergi, dan sebagainya.

Penelitian-penelitian yang dilakukan berhasil membuktikan bahwa pengguna probiotik dapat mengurangi resiko diare, baik diare karena infeksi ataupun diare yang berhubungan dengan penggunan antibiotik. Probiotik dapat meningkatkan aktifitas imun/daya tahan tubuh anak melalui aktifitas yang berbeda dari reseptor epitel dan sel imun serta meningkatkan kinerja system pencernaan dan penyerapan makanan.

Permainan tradisional yang dulu sering saya mainkan waktu kecil, adalah kegiatan yang sesuai bagi anak-anak untuk melatih kemampuan motorik mereka. Ini disebabkan karena permainan tradisional mengharuskan anak-anak untuk menggerakkan seluruh anggota tubuhnya dengan berlari, melompat, berjongkok, dan menjaga keseimbangan.”
Manfaat Ice Cream
1. Kandungan kalsium pada ice cream bermanfaat untuk menjaga kepadatan massa tulang, pencegahan osteoporosis, kanker, serta hipertensi.
2. Bergizi tinggi dan tidak membuat gemuk
Ice cream memang mengandung lemak, terutama lemak jenuh. Hal itu menyebabkan banyak orang menghindari ice cream karena takut gemuk. Padahal, kontribusi energi ice cream per takaran saji (satu cangkir) hanya sekitar 10% dari total kebutuhan energi dan kontribusi lemaknya sekitar 15% dari total kebutuhan lemak per hari. Jumlah tersebut termasuk kecil, sehingga kurang pas jika ice cream dituduh sebagai biang keladi penyebab kegemukan atau obesitas.
3. Tak Menyebabkan Pilek
Ice cream bukan penyebab batuk pilek. Sebab, ketika masuk ke mulut, ice cream dengan segera akan meleleh. Pelelehan ice cream dengan cepat dipacu oleh pengaruh suhu tubuh, sehingga saat ice cream masuk ke kerongkongan suhunya sudah tidak sedingin air es.
4. Antitumor dan HIV
25%-30% kandungan ice cream adalah susu. Susu tersusun dari Laktoferin, yang memiliki peran sebagai zat pertahanan tubuh non-spesifik terhadap patogen. Laktoferin juga memiliki aktivitas Antiviral, terutama terhadap cytomegalovirus, influenza, dan HIV.
Manis, lezat, bergizi tinggi pula. Apakah Anda masih ragu untuk makan ice cream? Jangan lupa sajikan ice cream sebagai kudapan sehat Anda

3 komentar:

  1. Saya mau pesen ice cream buat pesta pernikahan, berapa minimum ordernya pak?

    BalasHapus
  2. Berapapun pesanan bisa kami kirim ke alamt anda, hanya harganya akan disesuaikan.

    BalasHapus
  3. Jika Bapak membutuhkan Ice Pack / Ice Gel bisa menghubungi kami di PT.Karya Indonesia Sukses,Telp.021.70878941-43 dgn ibu Eni dan bisa melihat produk2 kami di www.kisstore.blogspot.com,Tks

    BalasHapus